Kiat Praktis Merawat Bulu Kucing

Kucing adalah hewan yang lucu dan menggemaskan dengan badan yang sehat, gemuk dan bulu yang halus terawat. Merawat kesehatan dan kecantikan bulu kucing tidak boleh dianggap sepele. Kucing yang kurang sehat, kurus dan bulu yang kotor tidak terawat tentu akan membuat risih pemiliknya. Padahal, sudah menjadi kewajiban pemiliknya untuk merawat kucing kesayangannya sehingga nyaman untuk diajak bermain.

Kiat Praktis Merawat Bulu Kucing

Nah, merawat bulu kucing bukan hal yang terlampau rumit. Hanya butuh ketelatenan dan konsisten dalam melakukannya. Berikut ini beberapa hal sederhana merawat bulu kucing yang dapat kita praktekkan dengan mudah di rumah.

1. Jaga kebersihan

Hal pertama yang paling mudah dilakukan yaitu menjaga kebersihan kandang, tempat makan, tempat minum dan pasir tempat kotoran kucing. Bersihkan perabotan tersebut setiap hari. Ganti pasir dengan pasir baru, jangan menunggu hingga kotor dan bau. Bersihkan pasir dengan desinfektan dan jemur hingga benar-benar kering sebelum digunakan oleh kucing. 

2. Rajin memandikan kucing

Kucing yang rajin dimandikan sekitar 2 minggu sekali akan memiliki bulu yang jauh lebih halus dan bersih. Sebelum dimandikan, kucing berbulu panjang sebaiknya disisir terlebih dahulu agar terhindar dari bulu yang kusut dan gimbal. Jangan lupa juga menggunakan shampo khusus untuk bulu kucing agar tidak menyebabkan kerontokan. Setelah mandi, selalu keringkan bulu kucing hingga benar-benar kering.

3. Berikan makanan bernutrisi

Makanan juga berpengaruh besar terhadap kualitas bulu kucing. Berikan makanan dengan nutrisi yang baik. Kucing yang makan sembarangan seperti tikus dan ikan mentah akan memiliki bulu yang kurang baik. Sebaiknya, variasikan nutrisi makanan kucing. Berikan makanan yang mengandung asam omega 3 untuk menunjang kulit dan bulu yang halus. Perlu diperhatikan pula variasi antara makanan kalengan dan makanan organik untuk menjaga kebutuhan serat kucing.

4. Sediakan minum

Sediakan air minum pada jam-jam tertentu baik di dalam kandang ataupun di tempat khusus. Untuk bulu yang lebih halus, Anda dapat memberikannya susu secara teratur. Namun, perlu diingat, jangan sampai susu tidak diminum lebih dari 4 jam. Karena susu akan basi dan tidak baik bagi kucing. 

5. Waktu bermain

Sama halnya dengan binatang lain, kucing juga perlu waktu untuk bermain. Sediakan waktu agar kucing aktif bergerak dan mendapat udara segar. Hal ini juga untuk menghindari kucing yang stres dan malas.

6. Sisir bulu kucing

Sisir bulu-bulu kucing agar lebih rapi dan halus. Gunakan sisir khusus kucing. Menyisir bulu kucing juga akan menstimulasi peredaran darahnya lebih lancar. Setidaknya sisir bulu kucing 3 kali seminggu. 

7. Periksa kulit dan kesehatannya

Rutinlah memeriksa kulit kucing. Jika terdapat bagian kasar atau pecah-pecah, ini menjadi tanda adanya kutu pada kulit tersebut. Sebaiknya segera mandikan kucing dengan shampo anti kutu agar tak semakin parah. Kutu menyebabkan bulu rontok pada kucing. Selain itu, periksakan pula kesehatan kucing pada dokter dan memberikan vaksin setahun sekali.

Merawat bulu kucing adalah kegiatan yang menyenangkan. Bulu halus pada kucing akan membuat kucing sehat dan terawat. Kita pun menjadi nyaman saat bermain dengannya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Kiat Praktis Merawat Bulu Kucing

0 komentar:

Posting Komentar