4 Kesalahan Pemula Dalam Merawat Hamster

Hamster memang hewan yang lucu, menggemaskan dan asyik diajak bermain. Hamster yang sehat terawat dapat dilihat dari tingkahnya yang lincah dan aktif. Sedangkan hamster yang mengalami stress, bisa juga dilihat dari tanda-tandanya ini. 

Menjadikan hamster sebagai hewan kesayangan memanglah hal penting, namun Anda juga harus mengetahui rambu-rambu dalam merawat hamster. Jangan sampai, niat memberikan kasih sayang malah berlebihan hingga merugikan si hamster sendiri. Setidaknya, ada 4 kesalahan pemula yang sering dilakukan dalam merawat hamster, seperti berikut ini. 

1. Menjadikan  sayur sebagai makanan utama

Sayur seperti wortel maupun jagung memang bagus bagi kesempurnaan nutrisi hamster. Namun, pemberian makanan sayur harus juga dibatasi. Jangan memberikan sayur setiap hari sebagai menu utama. Pencernaan hamster tidak dirancang untuk makanan dengan kelembaban tinggi seperti sayuran. 

Indikasi utama jika hamster terlalu banyak mengonsumsi makanan lembab yaitu kandang menjadi lebih basah, berbau menyengat dan kotor. Lama kelamaan hamster dapat bermasalah dengan sistem pencernaannya termasuk produksi urine. 

Sebaiknya, lengkapi juga kebutuhan nutrisi hamster dengan pakan lainnya. Banyak jenis pakan yang dapat kita temukan di pet shop sesuai dengan kebutuhan hamster. 

2. Memberikan kuaci terlalu banyak

Kuaci atau biji bunga matahari memang bisa menjadi makanan kesukaan hamster. Namun, pemberiannya pun harus tetap terkontrol. Meskipun hamster kita sangat menyukainya. Efek yang ditimbulkan jika terlalu banyak makan kuaci yaitu obesitas, kurangnya kalsium, pertumbuhan tulang dan gigi menjadi lambat, dan potensi kelainan pada kelahiran. 

Oleh karena itu, jika kita benar-benar sayang dan ingin merawat dengan benar, kontrol pemberian kuaci pada hamster kesayangan kita. 

3. Memberikan susu untuk manusia pada hamster

Susu bubuk maupun susu cair untuk yang diformulasikan untuk manusia tidak cocok diberikan pada hamster. Efeknya, bulu hamster akan menjadi tipis dan mudah rontok. Keadaan ini akan mengurangi kelucuan, keimutan dan kesehatan hamster sendiri. Sebaiknya, berikan susu yang diformulasikan khusus untuk hamster. Kandungannya yang sesuai dengan keadaan tubuhnya akan membuat hamster jauh lebih sehat dan terawat.

4. Memberikan makanan ringan (snack) terlalu banyak

Hamster memang suka sekali dengan snack. Namun, memberikan snack secara berlebihan mengakibatkan hamster kekurangan nutrisi dan gizi yang seimbang. Sama halnya dengan anak kecil yang diminta untuk mengonsumsi nasi, sayur dan snack. Pasti hampir semua anak memilih snack dan meninggalkan makanan utamanya. 

Oleh karena itu, jika ingin memanjakan hamster kesayangan kita, sebaiknya berikan snack seminggu sekali. Hal ini sebagai hadiah dan bentuk kasih sayang kita kepada hamster kesayangan. 

Nah, kesalahan-kesalahan yang nampaknya simpel ini bisa berakibat buruk pada hamster jika kita tidak memperhatikannya. Merawat hamster sebenarnya, gampang-gampang susah. Gampang jika dirawat sesuai dengan aturannya, terkontrol dan penuh kasih sayang. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 4 Kesalahan Pemula Dalam Merawat Hamster

2 komentar:

  1. Salam kenal Saya TKI di Singapur ingin berbagi Info bagi semuanya Siapa tau ini bisa
    berguna bagi Anda yg punya suatu masalah ataupun musibah yg sedang menimpah Anda,

    Jadi Kemarin keluarga kami mengalami suatu permasalahan yg begitu rumit dan sulit buat menyelesaikannya dan masalah tersebut yaitu: masalah Hutang sama rentenir sebanyak 257juta belum bunganya selama kurang lebih 4Thn,,,saya pun bingun harus bagaimana supaya hutang tersebut bisa terlunasi namun untungnya kami mendapat informasi dari seseorang yg saya kenal di media sosial yaitu Pak.Darmawan,beliau memberi saran untuk mengaduh nasib dgn cara minta bantuan kepada KI BARONG beliau adalah orang Ahli Tentang Mistik atau Ghaib
    Awalnya si saya dan keluarga percaya ngk percaya,sayapun mencoba menghubungi beliau di no yg di berikan Pak.Darmawan dan Alhasil kami dapat bantuan dari beliau kurang lebih setengah bulan kami di bantu KI BARONG dan akhirnya uang pun terkumpul lebih dari cukup buat melunasi hutang piutang keluarga,Lewat postingan ini Sekali lagi Terimahkasi Banyak KI BARONG atas jasanya,,dan jika Anda ingin mengaduh nasip seperti kami tlpn di nomor
    NAMA: KI BARONG
    NO TLPN: 0852.8895.8775
    ATAU >>KLIK DISINI<<
    Jika Anda punya Masalah atau Musibah ya salah satu contohnya yaitu punya hutang atau kebutuhan ekonomi kurang dan lain-lain silahkan minta solusi sama KIBARONG pasti masalah Anda dapat di selesaikan,
    yang namanya usaha berhasil ataupun tidaknya itu persoalan belakan yg penting Niat kita untuk berusaha bukan cuman duduk diam menunggu reseki datang kepada Anda
    Dan poin penting dari Hal ini Bantuan yg di berikan beliau tidak menyesatkan Anda
    Trimah kasi Atas waktunya Salam………

    BalasHapus