7 Tips Mengambil Foto Dengan Kamera Smartphone

Smartphone adalah alat yang selalu kita bawa kemanapun pergi. Smartphone berisi banyak sekali aplikasi dengan berbagai fungsi. Salah satunya untuk memotret atau mengambil foto. Semakin baik kualitas smartphone yang Anda miliki maka semakin baik pula kualitas kamera untuk mengambil gambar. Namun, kualitas kamera saja ternyata tidak cukup untuk menghasilkan foto yang sempurna. Perlu tambahan pengetahuan untuk dapat meningkatkan kemampuan kita mengambil foto yang baik. 

7 Tips Mengambil Foto Dengan Kamera Smartphone

Nah, untuk memaksimalkan kualitas foto yang akan kita ambil, tak ada salahnya menyimak beberapa tips berikut ini.

1. Usahakan menghindari zoom
Pertimbangkan jarak saat memotret dan usahakan tidak menggunakan zoom. Pergunakan zoom seperlunya, jika obyek memang tidak terlihat secara keseluruhan. Zoom pada beberapa kamera dapat menurunkan resolusi foto, sehingga foto kurang tajam. 

2. Pertimbangkan faktor cahaya
Umumnya, kamera smarphone akan memiliki kualitas lebih baik saat digunakan pada siang hari dan berada di out door. Hal ini karena kemampuan kamera menangkap cahaya sangat terbatas. Jika pada malam hari menggunakan flash, ingat bahwa jarak ideal memakai flash yaitu 2-3 meter saja.

3. Pegang smartphone dengan stabil
Semakin stabil maka semakin bagus hasil foto kita. Stabilkan tangan dengan tenang saat memfoto, tidak gugup dan gunakan sandaran jika ada.

4. Kenali waktu jeda shutter
Pada kamera smartphone dikenal dengan shutter lag, yaitu waktu jeda antara memencet dan kamerea mengambil foto. Oleh karena itu, setelah memencet tombol shutter, tetap tenang agar kamera memrosesnya terlebih dahulu. Kualitas foto yang dihasilkan akan lebih tajam dan bagus.

5. Atur komposisi 
Foto yang baik dan tidak dapat terlihat dari komposisi foto yang diambilnya. Apakah komposisinya seimbang, warnanya juga enak dilihat di mata? Latih komposisi foto Anda dengan banyak menerapkan teori komposisi dan banyak berlatih mengambil foto. 

6. Ambil sudut pandang yang berbeda
Menemukan sudut pandang yang berbeda akan menghasilkan foto dengan kualitas yang berbeda. Sudut pandang yang berbeda ini harus dilatih dengan kejelian mata memandang obyek. Ambil keuntungan smartphone yang ringan dan bisa digunakan dalam berbagai posisi.

7. Manfaatkan app foto yang bagus
Kamera bawaan smartphone sendiri pada dasarnya sudah memiliki kualitas yang bagus. Namun, banyak fitur yang bisa Anda coba dari berbagai app foto yang ditawarkan. Dengan banyak mencoba berbagai ragam fitur, Anda akan semakin peka untuk menggunakan yang terbaik.

Mengambil foto melalui kamera smartphone bukan halangan bagi Anda untuk terus berkarya. Tingkatkan kualitas foto yang Anda ambil dengan banyak berlatih dan menerapkan berbagai teori fotografi yang ada. Semakin jeli, semakin terampil, maka akan semakin terasah kemampuan Anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 7 Tips Mengambil Foto Dengan Kamera Smartphone

1 komentar:

  1. Salam kenal Saya TKI di Singapur ingin berbagi Info bagi semuanya Siapa tau ini bisa
    berguna bagi Anda yg punya suatu masalah ataupun musibah yg sedang menimpah Anda,

    Jadi Kemarin keluarga kami mengalami suatu permasalahan yg begitu rumit dan sulit buat menyelesaikannya dan masalah tersebut yaitu: masalah Hutang sama rentenir sebanyak 257juta belum bunganya selama kurang lebih 4Thn,,,saya pun bingun harus bagaimana supaya hutang tersebut bisa terlunasi namun untungnya kami mendapat informasi dari seseorang yg saya kenal di media sosial yaitu Pak.Darmawan,beliau memberi saran untuk mengaduh nasib dgn cara minta bantuan kepada KI BARONG beliau adalah orang Ahli Tentang Mistik atau Ghaib
    Awalnya si saya dan keluarga percaya ngk percaya,sayapun mencoba menghubungi beliau di no yg di berikan Pak.Darmawan dan Alhasil kami dapat bantuan dari beliau kurang lebih setengah bulan kami di bantu KI BARONG dan akhirnya uang pun terkumpul lebih dari cukup buat melunasi hutang piutang keluarga,Lewat postingan ini Sekali lagi Terimahkasi Banyak KI BARONG atas jasanya,,dan jika Anda ingin mengaduh nasip seperti kami tlpn di nomor
    NAMA: KI BARONG
    NO TLPN: 0852.8895.8775
    ATAU >>KLIK DISINI<<
    Jika Anda punya Masalah atau Musibah ya salah satu contohnya yaitu punya hutang atau kebutuhan ekonomi kurang dan lain-lain silahkan minta solusi sama KIBARONG pasti masalah Anda dapat di selesaikan,
    yang namanya usaha berhasil ataupun tidaknya itu persoalan belakan yg penting Niat kita untuk berusaha bukan cuman duduk diam menunggu reseki datang kepada Anda
    Dan poin penting dari Hal ini Bantuan yg di berikan beliau tidak menyesatkan Anda
    Trimah kasi Atas waktunya Salam………

    BalasHapus