Ini Manfaat Hobi Berkebun Bagi Kehidupan

Berkebun adalah segala aktivitas yang berkaitan dengan tanaman, mulai dari menanam, merawat hingga memanen hasilnya. Berkebun tidak hanya sekedar hobi yang menyenangkan. Berkebun bisa membuat kita lebih bersyukur melihat keindahan alam dan merasakan langsung kedekatan dengan lingkungan. Apalagi mengikuti proses perkembangan tanaman, bisa menghilangkan penat dan stress. Pokoknya berbagai hal menarik tersebut bisa dirasakan saat kamu terjun langsung dalam berkebun.

Ini Manfaat Hobi Berkebun Bagi Kehidupan

Nah, jika kamu berminat memulai berkebun, mulailah sekarang juga. Cari referensi dan tanam apapun yang kamu suka. Tak perlu terlalu pusing dengan berbagai teori di awal, karena semakin lama kita akan belajar dan menemukannya. Lalu, rasakan 6 manfaat berkebun ini dalam kehidupan kamu.

1. Membantu mengenal alam lebih baik

Kita seringkali apatis dengan tanaman di sekitar kita. Dengan berkebun, kamu akan mengenal tanaman dan alam dengan lebih baik. Kamu akan belajar berbagai kebutuhan tanaman seperti air, cahaya matahari, nutrisi organik yang semua unsur itu berasal dari alam. Kamu tidak hanya belajar bagaimana menanam tanaman tertentu, tapi juga bagaimana menyesuaikan kebutuhan tanaman itu. Sekarang kamu akan mulai dekat dengan tanah, menyiram tanaman, dan memenuhi unsur haranya. Rasakan kehadiran alam yang begitu dekat.

2. Lebih perhatian dengan lingkungan

Berkebun juga akan menumbuhkan perhatian terhadap lingkungan. Plastik yang dibuang sembarangan dan tidak bisa terurai di dalam tanah akan menghambat pertumbuhan tanaman. Air yang tercemar dan mengandung bahan kimia, juga akan membuat tanaman rusak. Sampah dapur yang kamu buang sia-sia, justru akan bermanfaat jika diolah menjadi pupuk organik. Kamu akan lebih menghargai lingkungan dengan meminimalisir penggunaan plastik, tidak membuang sembarangan dan memanfaatkan sampah dapur menjadi pupuk yang bermanfaat.

3. Termotivasi untuk makan makanan sehat

Menanam dan merawat tanaman sendiri tanpa penggunaan pestisida akan menghasilkan produk yang lebih sehat. Kamu akan semakin termotivasi menggunakan produk-produk alami yang memang lebih menyehatkan. Kamu bisa memanen hasil tanamanmu sendiri. Bukan hanya sehat, namun juga kepuasan batin bisa mencicipi hasil jerih payah dan proses panjang.

4. Membuat tubuh semakin sehat 

Saat berkebun, tentu saja kamu harus bergerak aktif untuk menanam, merawat, menyirami dan mengontrolnya setiap saat. Gerak aktif ini akan membuat tubuh kamu semakin sehat. Tak menghrankan jika para petani atau orang yang hobi berkebun memiliki usia hidup yang lebih panjang. Bukan hanya makanannya yang sehat, namun aktivitasnya juga menyehatkan.

5. Lebih hemat pengeluaran

Berkebun, menanam kebutuhan makanan di rumah tentu bisa menghemat pengeluaran kita sehari-hari. Menanam sayuran dan buah dengan nutrusi organik tidak menguras biaya yang besar, juga lebih sehat. Kamu bisa memanen hasil tanamanmu untuk kebutuhan sehari-hari.

6. Menghilangkan stress 

Aktivitas sehari-hari sering membuat kita jenuh dan bosan. Berkebun, sangat efektif menghilangkan kebosanan dan kejenuhan tersebut. Berkebun juga bisa menjadi penghilang stress yang sangat ampuh. Selain itu, udara sejuk di dekat tanaman juga bisa membuat pikiran lebih jernih.

Ternyata, banyak juga manfaat dari berkebun ini. Berkebun bukan sekedar hobi yang menyehatkan, tapi juga bisa menghasilkan keuntungan yang melimpah jika ditekuni dengan serius. Jadi tunggu apalagi, ayo berkebun.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Ini Manfaat Hobi Berkebun Bagi Kehidupan

3 komentar:

  1. berkebun sambil bermain dengan hewan peliharaan memang jadi lebih seru berkebunnya

    BalasHapus
  2. Salam kenal Saya TKI di Singapur ingin berbagi Info bagi semuanya Siapa tau ini bisa
    berguna bagi Anda yg punya suatu masalah ataupun musibah yg sedang menimpah Anda,

    Jadi Kemarin keluarga kami mengalami suatu permasalahan yg begitu rumit dan sulit buat menyelesaikannya dan masalah tersebut yaitu: masalah Hutang sama rentenir sebanyak 257juta belum bunganya selama kurang lebih 4Thn,,,saya pun bingun harus bagaimana supaya hutang tersebut bisa terlunasi namun untungnya kami mendapat informasi dari seseorang yg saya kenal di media sosial yaitu Pak.Darmawan,beliau memberi saran untuk mengaduh nasib dgn cara minta bantuan kepada KI BARONG beliau adalah orang Ahli Tentang Mistik atau Ghaib
    Awalnya si saya dan keluarga percaya ngk percaya,sayapun mencoba menghubungi beliau di no yg di berikan Pak.Darmawan dan Alhasil kami dapat bantuan dari beliau kurang lebih setengah bulan kami di bantu KI BARONG dan akhirnya uang pun terkumpul lebih dari cukup buat melunasi hutang piutang keluarga,Lewat postingan ini Sekali lagi Terimahkasi Banyak KI BARONG atas jasanya,,dan jika Anda ingin mengaduh nasip seperti kami tlpn di nomor
    NAMA: KI BARONG
    NO TLPN: 0852.8895.8775
    ATAU >>KLIK DISINI<<
    Jika Anda punya Masalah atau Musibah ya salah satu contohnya yaitu punya hutang atau kebutuhan ekonomi kurang dan lain-lain silahkan minta solusi sama KIBARONG pasti masalah Anda dapat di selesaikan,
    yang namanya usaha berhasil ataupun tidaknya itu persoalan belakan yg penting Niat kita untuk berusaha bukan cuman duduk diam menunggu reseki datang kepada Anda
    Dan poin penting dari Hal ini Bantuan yg di berikan beliau tidak menyesatkan Anda
    Trimah kasi Atas waktunya Salam………

    BalasHapus
  3. TIps dari saya, cobalah untuk memelihara jenis hewan peliharaan.jenis hewan peliharaan tertentu seperti anjing ,agar dapat memelihara kebun kita dari binatang perusak

    BalasHapus