Teliti Dalam Memilih Kucing Bengal

Kucing termasuk dalam hewan peliharaan yang paling populer di Indonesia. Kucing memiliki banyak jenis, mulai dari jenis kucing asli dalam negeri hingga kucing jenis peranakan baru dari luar negeri. Salah satu jenis kucing yang sedang marak saat ini adalah kucing bengal. 

Teliti Dalam Memilih Kucing Bengal

Kucing bengal merupakan jenis kucing hutan yang paling banyak dijadikan sebagai hewan peliharaan. Kucing bengal disebut juga blacan adalah keturunan ketiga hasil persilangan kucing american shorthair dengan kucing asian leopard. Kucing bengal memiliki bentuk tubuh yang besar, panjang dengan corak yang unik dan bulu yang tebal dan halus. Meskipun demikian, kucing bengal memiliki harga yang mahal berkisar antara 10-40 juta rupiah. 

Untuk memilih kucing bengal yang bagus sebagai hewan peliharaan, ada beberapa tips dalam memilih kucing bengal, diantaranya :

1. Postur Kucing Bengal

Teliti Dalam Memilih Kucing Bengal

Kucing bengal memiliki postur yang lebih panjang dan gagah dibandingkan kucing lainnya. Berat ideal kucing bengal jantan yaitu 10 kg, sedangkan bengal betina memeiliki berat sekitar 4-5 kg. Kucing bengal yang bagus, selain badan yang atletis, bentuk kepala bulat, rahang lebar, mata lebar dan menonjol dan kuping yang pendek. Pada umumnya kucing bengal memiliki ekor yang panjang. 

2. Warna Kucing Bengal 

Teliti Dalam Memilih Kucing Bengal

Salah satu keunikan kucing bengal yang sangat menarik yaitu warna dan corak pada tubuhnya. Corak khas kucing bengal adalah coklat dengan bintik-bintik hitam pada seluruh tubuh. Selain itu, terdapat garis horizontal berwarna hitam di bagian pundak dan cincin hitam di bagian ekor. Kucing bengal dengan corak warna yang kontras dan tegas memiliki poin yang lebih. Kucing bengal yang bagus memiliki bulu yang tebal, halus, tidak lepek dan mengkilap. 


3. Karakteristik Kucing Bengal

Teliti Dalam Memilih Kucing Bengal

Kucing bengal adalah kucing yang sangat suka bermain air. Kucing bengal sangat aktif dan suka bermain. Selain itu, karakter kucing bengal sebagai kucing hutan masih terlihat seperti gerakannya yang spontan dan melawan jika terdesak. Oleh karena itu, persiapkan lingkungan dan perawatan yang baik sebelum memutuskan untuk memelihara kucing bengal.

Kucing bengal memiliki perawatan yang lebih susah dibandingkan dengan kucing domestik. Pertimbangkan dengan baik sebelum membeli dan teliti saat memilih kucing bengal. Latih dan rawat kucing bengal dengan baik dan penuh kesabaran. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Teliti Dalam Memilih Kucing Bengal

1 komentar: