Tips Menjinakkan Sugar Glider Dengan Cepat

Sugar glider adalah hewan peliharaan yang lucu dan menggemaskan serta bisa diajak bermain. Namun, sugar glider yang baru saja kita dapatkan tentu tidak langsung bisa jinak dan akrab dengan pemiliknya yang baru. Butuh adaptasi bahkan butuh dijinakkan terlebih dahulu agar akrab dengan kita. Jika sudah jinak sugar glider bisa dikatakan "bonding" atau terikat dengan kita. Jika telah bonding maka sugar glider tidak akan menggigit, kabur dan datang jika dipanggil. 

Tips Menjinakkan Sugar Glider Dengan Cepat

Proses menjinakkan dan bonding pada sugar glider ini tidak hanya membutuhkan waktu dalam hitungan hari, namun bisa berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan.
Kunci menjinakkan sugar glider adalah kasih sayang dan kesabaran. 
Ada 2 jenis sugar glider berdasarkan asalnya yang bisa kita dapatkan. Yaitu jenis CB (Captive Breed) dan WC (Wild Caught). Jenis CB berasal dari sugar glider yang diternakkan oleh manusia. Sedangkan, WC berasal dari alam liar secara langsung. Asal sugar glider berpengaruh terhadap lamanya penjinakkan yang akan kta lakukan. faktor lain yang berpengaruh adalah usia sugar glider. Menjinakkan sugar glider usia muda (joey, sekitar 1,5-2 bulan) lebih mudah dibandingkan dengan usia remaja dan tua (3 bulan keatas).

Sehingga jika kita ingin mudah dan cepat menjinakkan sugar glider, pilihlah sugar glider usia muda (joey) berjenis CB. Sedangkan, sugar glider yang paling membutuhkan waktu lama dijinakkan yaitu sugar glider remaja/tua berjenis WC.

Nah, untuk menjinakkan sugar glider dengan cepat ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan, yaitu:

1.Memberi makan (Handfeed)

Sebelumnya, untuk sugar glider yang baru Anda beli sebaiknya diletakkan di kandang terlebih dahulu selama 3 hari. Hal ini dimaksudkan agar sugar glider adaptasi terlebih dahulu dengan lingkungan sekitar. Baru setelah 3 hari mulailah memberi makan dengan tangan. Letakkan makanan di ujung jari lalu sodorkan pada sugar glider Anda. Pada awalnya mungkin sugar glider akan crubbing dan takut, tapi pelan-pelan ia akan terbiasa. 

2. Berikan sapu tangan bekas kita

Sugar glider memiliki indera yang tajam dan bisa menghafalkan bau. Berikan sapu tangan bekas kita atau baju yang habis kita pakai ke dalam kandangnya. Hal ini bertujuan agar sugar glider hafal dengan bau badan kita. Semakin sering ia menghafalkan bau badan kita semakin nyaman ia dengan kehadiran kita. 

3. Sering diusap/dibelai

Usapan/belaian bisa menjadi tanda kasih sayang kita pada sugar glider. Hal ini juga melatih agar sugar glider tidak menggigit. Perlahan-lahan dekatkan tangan Anda dan usap dengan lembut, jangan melakukan gerakan tangan yang cepat agar sugar glider tidak takut. Pada awalnya mungkin sugar glider akan melakukan gerakan seperti menggigit. Tapi jangan takut, balik tangan Anda dengan posisi dibawah agar saat sugar glider menggigit, tidak terlalu sakit karena gigi tajam sugar glider ada di bagian bawah. Lakukan hal ini pada siang hari karena pada siang hari sugar glider leih lelah dan mudah mengantuk. 

4. Menidurkan di tangan

Tahap selanjutnya, jika sudah tidak takut lagi dengan kehadiran kita. Cobalah untuk membuat tidur sugar glider di tangan kita. Caranya, bisa dengan kekep sugar glider langsung dengan kedua tangan secara perlahan agar ia nyaman. Bisa juga saat sugar glider tidur di pouchnya, angkat perlahan ke tangan. Jangan sampai sugar glidernya bangun. Saat ditangan, elus-elus agar ia merasa nyaman. 

5. Ajak bermain

Anda bisa mengajak bermain sugar glider di dalam atau luar ruangan. Untuk tahap awal coba lakukan di ruangan. Pastikan ruangan tertutup agar sugar glider tidak kabur jauh. Biarkan ia mengenali lingkungan ruangan tersebut dengan berlari atau loncat kesana kemari. Awasi dan bermain bersama. Jika ia terlalu jauh atau bermain ke kolong-kolong yang sulit dekatkan kembali. Jika telah terbiasa, sugar glider dapat diajak bermain di ruang terbuka seperti taman, tanah lapang dll.

6. Latih sugar glider

Setelah akrab, latihlah sugar glider untuk melompat mendekat, mengejar kita dan masuk ke dalam saku. Harapannya, sugar glider nyaman dengan kita dan patuh dengan apa yang kita minta. Sehingga sugar glider tidak akan bermain jauh dan cepat mendekat karena terbiasa. Bawalah sugar glider saat Anda bepergian agar semakin terbiasa. 

Nah, itulah 6 tips menjinakkan sugar glider dan membuatnya bonding dengan kita. Terus latih dengan penuh kasih sayang dan kesabaran. Sugar glider yang jinak dan bonding asik untuk diajak bermain dan jalan-jalan. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Menjinakkan Sugar Glider Dengan Cepat

2 komentar: