Tips Mudah Merawat Landak Mini

Landak mini dengan ciri khas kecil, imut dan berduri merupakan hewan yang cocok untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan. Landak mini memiliki rentang hidup yang lama yaitu antara 6-10 tahun. Selain itu, landak mini juga memiliki perawatan yang lebih mudah dibandingkan dengan hewan peliharaan lainnya. Ada beberapa hal sederhana yang dapat Anda persiapkan sebelum memulai memelihara landak mini. Berikut beberapa hal tersebut.

Persiapan kandang untuk landak mini

Tips Mudah Merawat Landak Mini

Kandang landak mini umumnya terbuat dari bahan logam, hampir sama seperti kandang hamster atau kucing. Kandang sebaiknya dibuat agak lebar agar landak bisa berlari dan bermain. Untuk alas, sebaiknya gunakan serbuk gergaji agar nyaman sebagai pijakan landak mini. 

Landak mini tergolong hewan nocturnal atau hanya aktif di malam hari. Pada siang hari, landak mini lebih sering bersembunyi. Oleh karena itu, sebaiknya buat pula tempat persembunyian untuk landak mini berbentuk kotak kecil atau bulat. Tempatkan kandang pada suhu antara 21-27 derajat celcius. Yang terkahir, bersihkan kandang setidaknya seminggu sekali untuk menghindari bau.

Makanan untuk landak mini

Tips Mudah Merawat Landak Mini

Landak mini pada dasarnya merupakan pemakan seranggga, seperti jangkrik, ulat hongkong, ulat jerman dan serangga lainnya. Meskipun begitu, makanan landak mini juga bisa diselingi dengan makanan kering seperti yang biasa diberikan pada kucing dan anjing. Letakkan makanan pada wadah kering, bisa di mangkok kecil atau asbak. 
Tips Mudah Merawat Landak Mini

Jangan lupa sediakan air minum di kandang landak mini. Sebaiknya berikan minum dengan wadah tertutup dan bisa di dot oleh landak mini. Air minum dalam wadah terbuka ditakutkan cepat kotor karena terinjak-injak oleh landak mini.

Memandikan landak mini

Tips Mudah Merawat Landak Mini

Salah satu cara membersihkan yang paling mudah dilakukan yaitu dengan memandikan landak mini. Caranya juga sangat sederhana. Sediakan air di dalam baskom, sikat gigi dan shampo atau sabun bayi. Landak mini dapat berenang di air sehingga tak perlu khawatir tenggelam. 

Tips Mudah Merawat Landak Mini

Masukkan landak mini ke dalam air hingga basah. Selanjutnya, oleskan shampo atau sabun bayi secukupnya ke punggunggnya lalu sikat dengan sikat gigi perlahan. Untuk bagian bawah tubuh, cukup dibersihkan dengan tangan. Bersihkan di sela-sela perut, kaki dan tubuhnya. Setelah cukup, bilas dengan air bersih hingga sabun hilang. Terakhir, keringkan landak mini dengan menggunakan handuk.

Perawatan landak mini cukup mudah bukan? Apalagi jika dilakukan atas rasa sayang dan senang maka kita pun akan terhibur saat merawatnya. Landak mini yag bersih, segar dan terawat dengan baik akan semakin asik kita ajak bermain.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Mudah Merawat Landak Mini

2 komentar:

  1. Salam kenal Saya TKI di Singapur ingin berbagi Info bagi semuanya Siapa tau ini bisa
    berguna bagi Anda yg punya suatu masalah ataupun musibah yg sedang menimpah Anda,

    Jadi Kemarin keluarga kami mengalami suatu permasalahan yg begitu rumit dan sulit buat menyelesaikannya dan masalah tersebut yaitu: masalah Hutang sama rentenir sebanyak 257juta belum bunganya selama kurang lebih 4Thn,,,saya pun bingun harus bagaimana supaya hutang tersebut bisa terlunasi namun untungnya kami mendapat informasi dari seseorang yg saya kenal di media sosial yaitu Pak.Darmawan,beliau memberi saran untuk mengaduh nasib dgn cara minta bantuan kepada KI BARONG beliau adalah orang Ahli Tentang Mistik atau Ghaib
    Awalnya si saya dan keluarga percaya ngk percaya,sayapun mencoba menghubungi beliau di no yg di berikan Pak.Darmawan dan Alhasil kami dapat bantuan dari beliau kurang lebih setengah bulan kami di bantu KI BARONG dan akhirnya uang pun terkumpul lebih dari cukup buat melunasi hutang piutang keluarga,Lewat postingan ini Sekali lagi Terimahkasi Banyak KI BARONG atas jasanya,,dan jika Anda ingin mengaduh nasip seperti kami tlpn di nomor
    NAMA: KI BARONG
    NO TLPN: 0852.8895.8775
    ATAU >>KLIK DISINI<<
    Jika Anda punya Masalah atau Musibah ya salah satu contohnya yaitu punya hutang atau kebutuhan ekonomi kurang dan lain-lain silahkan minta solusi sama KIBARONG pasti masalah Anda dapat di selesaikan,
    yang namanya usaha berhasil ataupun tidaknya itu persoalan belakan yg penting Niat kita untuk berusaha bukan cuman duduk diam menunggu reseki datang kepada Anda
    Dan poin penting dari Hal ini Bantuan yg di berikan beliau tidak menyesatkan Anda
    Trimah kasi Atas waktunya Salam………

    BalasHapus
  2. hampir mirip hamster yaa.. tapi inilebih keren.. landak mini lebih seru kayaknya..

    BalasHapus